Come and See Inside

DPR VS KPK

Bicara tentang politik di Indonesia, sepertinya tidak akan habis-habisnya menjadi bahan pembicaraan satu bangsa. Betapa anehnya jika ada pertikaian antar sesama instansi milik negara.

Dalam rapat konsultasi pembahasan RAPBN kemarin, KPK lebih banyak ditanya soal pemeriksaan pimpinan Badan Anggaran oleh Komisi III DPR. Substansi rapat yang seharusnya membahas soal penyamaan persepsi pembahasan RAPBN melebar hingga memosisikan kelembagaan KPK serta cara KPK menangani kasus-kasus korupsi seperti wisma atlet dan kasus bail out Bank Century.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengungkapkan, ketegangan DPR dan KPK sudah selesai bersamaan dengan berakhirnya rapat konsultasi tersebut. Sudah ada kepastian bahwa pemeriksaan pimpinan Badan Anggaran oleh KPK menyangkut perseorangan, bukan kelembagaan.

Bahkan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso memastikan, rapat konsultasi antara DPR dan lembaga penegak hukum seperti Polri, Kejaksaan Agung, dan Komisi Pemberantasan Korupsi akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB, Senin (3/10). Surat resmi rapat konsultasi itu telah dikirim DPR ke setiap lembaga penegak hukum tersebut.

“DPR merasa terhormat karena ketiganya dapat hadir dalam konsultasi yang biasa dilaksanakan,” ujar Priyo. Mengenai ketidakhadiran pimpinan Badan Anggaran DPR dalam rapat, Priyo beralasan karena mereka sedang berkonsentrasi membahas anggaran RAPBN 2012 bersama Kementerian Keuangan, Bappenas dan lain-lain.

Priyo berharap polemik kisruh KPK dan DPR disudahi saja. Pasalnya, dia menilai konflik itu sangat merugikan semua pihak. “Bekerja saja sesuai dengan tugasnya masing-masing. KPK silakan kejar siapa yang bersalah,”

18 Oktober 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s