Come and See Inside

Bricked Phone

Buat para Android Users yang baru pertama kali menggunakan Android pasti banyak yang belum tahu apa istilah “Brick” pada HandHeld Android kalian.

Nah disini akan dijelaskan apa itu “brick”?

Banyak orang salah dalam mengartikan brick itu sendiri.

Bricked Phone dapat diartikan sebagai ponsel yang tidak bisa menyala atau booting. Kita sama sekali tidak dapat berbuat apa-apa untuk memperbaikinya. Cara satu-satunya adalah lem biru (lempar, beli yang baru :D).

Kadang juga kita mengatasi boot loop ketika sesudah flashing ROM ke handheld kita namun ini bukan yang kita sebut dengan bricked phone. Untuk kasus seperti ini dapat dengan mudah memperbaikinya (namun ada baiknya anda membaca seluruh artikel ini terlebih dahulu).

Solusi jika anda mengalami Boot Loop

Jika anda mengalami hal ini setelah melakukan flash ROM, mungkin anda lupa untuk melakukan wipe data / cache. Ketika ponsel mencoba untuk mengakses ke ROM baru namun terhalang sisa dari ROM sebelumnya yang menyebabkan error dan mengakibatkan ponsel mencoba reboot berkali-kali. Salah satu cara adalah mengakses mode Boot Recovery sekali lagi dan melakukan wipe data/cache. Dan solusi untuk setiap ponsel memang memiliki metode yang berbeda.

Namun apabila handset anda benar-benar Brick?

Ketika ponsel benar-benar bricked, ponsel tidak akan pernah menyala tidak perduli seberapa keras anda mencoba. Cara satu-satu nya adalah pergi ke Service Center dan bertingkah seperti orang idiot dan ketika ditanya oleh operator, berpura-puralah seakan tidak tau dan jawab lah “Saya gak tau mbak, tau-tau begini HP nya”. Percayalah itu cara yang paling ampuh demi mendapatkan handset anda kembali menyala. Lol.

One response

  1. no one

    owh crab

    March 9, 2013 at 3:18 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s